UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Friday 18 March 2011

'Wisata' Mistis dari Kalimantan Barat


detik_12_2JPG-
PADANG 12. Daerah Padang 12 yang dipandang sangat misterius bagi masyarakat sekitarnya.

KALIMANTAN BARAT - Selain berbagai potensi wisata alam, Kalimantan Barat juga menyimpan berbagai misteri yang dihadirkan lewat kisah-kisah legenda maupun mistis yang mungkin akan Anda dengar baik secara langsung maupun tidak langsung ketika Anda menginjakkan kaki di daerah ini. Bukan bermaksud untuk memberikan sebuah jurnal yang menakut-nakuti, namun mendengar begitu banyak kisah mistis dari daerah ini ternyata akan mampu membangkitkan rasa penasaran setiap orang yang mendengarnya.

Nama ibukota Kalimantan Barat sendiri, Pontianak, mungkin akan berarti sedikit berbeda bagi para penduduk sekitar daerah ini. Nama Pontianak sendiri berasal dari kata Puntianak, yang dalam legenda masyarakat sekitar merupakan sejenis makhluk halus berwujud perempuan berpakaian putih yang seringkali mengganggu siapapun yang masih berada di luar rumah di malam hari. Legenda ini mungkin mirip dengan kisah Kuntilanak yang telah banyak dikenal di daerah-daerah lain.

Pertarungan antara mereka yang memiliki kekuatan mistis, yang dapat disebut sebagai dukun, juga semakin menambah kesan mistis di daerah ini. Walau tidak lagi sering diperlihatkan, dulunya, masyarakat sering sekali menyaksikan bola api yang dapat terbang melewati sebuah wilayah. Bola-bola api ini, menurut penuturan masyarakat setempat, menjadi sebuah sarana pengantaran pesan antara satu dukun kepada dukun lainnya. Bola api tersebut juga sering dimanfaatkan mereka sebagai ajang pamer kekuatan satu sama lain.

Sebuah kisah mistis yang mirip kisah leak di Bali juga terdapat di wilayah ini. Berbeda dengan leak di Bali, pemanfaatan sosok leak di Kalimantan Barat lebih mirip dengan pemanfaatan tuyul ataupun babi ngepet di beberapa legenda daerah lain. Leak, yang berwujud kepala manusia yang dapat terbang dengan seisi perutnya, merupakan kiriman seseorang yang menggunakannya untuk mencuri kekayaan orang lain. Sama seperti babi ngepet, leak merupakan manusia yang menggunakan kekuatan mistis untuk dapat memisahkan kepala dan seisi perutnya sementara orang yang menggunakannya akan menjaga tubuhnya ketika leak tersebut sedang bekerja. Leak ini sendiri dapat dimusnahkan dengan memasukkan berbagai benda-benda tajam, seperti kaca, jarum, pisau, ke perutnya ketika ia sedang melaksanakan tugasnya.
Beberapa sudut wilayah Kalimantan Barat juga menyimpan beberapa wilayah misterius, contohnya sebuah wilayah yang disebut Padang 12 yang terletak di Kecamatan Matan Hilir Selatan berdekatan dengan Pantai Tanjung Batu. Wilayah Padang 12 ini, bagi warga biasa, sebenarnya hanyalah sebuah wilayah kosong yang diisi dengan beberapa tumpukan pasir putih. Namun, bagi mereka yang memiliki kekuatan supranatural, daerah ini dikabarkan merupakan sebuah wilayah kerajaan makhluk halus. Karenanya, banyak penduduk setempat yang sering memperingatkan para pendatang di wilayah tersebut untuk hati-hati bersikap dan berbicara ketika melewati wilayah tersebut, khususnya di malam hari.
Sebuah kisah yang cukup menarik dituturkan oleh beberapa orang penduduk sekitar mengenai keberadaan kerajaan makhluk halus di sekitar Padang 12 tersebut. Mereka berkisah kalau beberapa waktu yang lampau, seorang penyanyi dangdut senior ibukota sempat mendapat undangan untuk bernyanyi di daerah tersebut dari 'penduduk' Padang 12. Pada malamnya, ia memang tampil di hadapan banyak orang. Namun secara mengejutkan, ketika siang hari ia kembali ke daerah tersebut, ia hanya dihadapkan pada tumpukan pasir putih yang jauh dari keramaian. Entah cerita ini benar atau tidak adanya.
Area jalanan di sekitar Padang 12 yang gelap juga menyebabkan wilayah ini dikenal angker bagi penduduk sekitar. Menurut beberapa orang, seringkali di daerah tersebut, para pengemudi mobil atau sepeda motor akan menjumpai seseorang -- dapat berwujud wanita atau orang tua -- yang akan meminta tumpangan. Ada dua jenis 'manusia halus' yang berwujud manusia yang kemungkinan datang tersebut: yang satu adalah 'manusia halus' baik yang jika dibantu akan memberikan sebuah hadiah kenang-kenangan dan bertujuan baik, serta 'manusia halus' yang meminta tumpangan untuk kemudian menyesatkan sang pemilik kendaran ke dalam sebuah dunia yang mungkin tidak akan ditemui lagi jalan keluarnya.

Masih banyak kisah-kisah lainnya, yang seperti halnya legenda-legenda lain yang ada di masyarakat Indonesia, seringkali menjadi penghias cerita dan pengalaman setiap pengunjung yang datang ke daerah tersebut. Percaya atau tidak percaya... tergantung Anda bagaimana cara menyikapinya.

0 komentar:

Post a Comment

Pages