UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Tuesday 15 March 2011

Taman Laut Terindah di Dunia ada di Indonesia

Singgah di Pintu Gerbang Raja Ampat
SEBELUM menuju taman laut Raja Ampat yang mempesona, Anda terlebih dahulu akan singgah di Kota Sorong. Sebaiknya Anda jangan terburu-buru. Nikmati dahulu waktu yang berjalan perlahan di pintu gerbang Raja Ampat ini.

Bercerita sedikit mengenai sejarah, Sorong mendapat julukan lain sebagai Kota Minyak. Ini bermula sejak masuknya para surveyor minyak bumi dari Belanda pada 1908. Dari fakta ini Kota Sorong juga terkenal dengan Heritage Nederlands Neuw Guinea Maschcapeij atau kota yang penuh dengan warisan peninggalan sejarah bekas perusahaan minyak Belanda.

Jauh dari era penjajahan minyak, pemberian nama Sorong berasal dari kata Soren. Soren dalam bahasa Biak Numfor berarti laut yang daIam dan bergelombang. Kata Soren sendiri digunakan pertama kali oleh suku Biak Numfor yang pada zaman dahulu yang berlayar dari satu pulau ke pulau lain hingga tiba dan menetap di Kepulauan Raja Ampat.

Suku Biak Numfor inilah yang memberi nama "Daratan Maladum" dengan sebutan Soren yang kemudian dilafalkan oleh para pedagang Thionghoa, Misionaris clad Eropa, Maluku, dan Sanger Talaut dengan sebutan Sorong.

Kisah sejarah mengenai Sorong memang menarik, semenarik berbagai tujuan wisata yang ada di sekitarnya, seperti taman rekreasi pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya serta Pulau Raam, Pulau Soop dan Pulau Doom yang terkenal dengan pantainya yang indah. Ada juga Pulau Dofior, di mana terdapat Tugu Selamat Datang di Kota Sorong dengan menggunakan bahasa Moi.

Beralih ke Sorong, di atas bukit yang menghadap ke kota, Anda akan menemukan monumen perang Tugu Arfak untuk mengenang tentara Jepang yang gugur dalam Perang Dunia II. Masih di Sorong, jangan lupa untuk berkunjung ke Tembok Dofior yang berada di Kota Sorong tepatnya di Pantai Dofior. Di tembok penangkal abrasi sepanjang 1 kilometer ini Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam.

Bila Anda ingin melihat burung cendrawasih dan burung-burung lain yang hanya ada di Papua naiklah perahu motor ke Pulau Bantata sekitar 3-4 jam. Untuk atraksi burung cendrawasih yang lebih indah, Anda dapat mengunjungi Pulau Waigeo yang berjarak sekitar 5-6 jam dengan perahu motor.

Jika ingin mendapatkan pengalaman perjalanan yang spesial dan lebih terencana, Anda bisa menggunakan jasa operator perjalanan wisata Papua Expeditions (www.papuaexpeditions.com) yang memiliki pemandu wisata pribadi.

Dibandingkan dengan kota-kota lain di Papua, Sorong adalah kota yang berkembang paling pesat dan dinamis. Melihat keadaan ini, Anda dapat berkeliling Sorong menggunakan berbagai alat transportasi seperti taksi, mobil sewaan, atau becak.

Angkot juga terdapat di Sorong, namun disarankan Anda harus tahu lokasi yang hendak dituju. Jadi, ada baiknya bertanya terlebih dahulu kepada pegawai hotel sebelum berkeliling di sekitar kota. Jika Anda tidak ingat nomor angkot dinaiki, catatlah dan tanyakan pada orang jika memungkinkan.

Selain melalui tranportasi laut, perjalanan menuju Sorong juga bisa melalui udara. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi situs www.indonesia.travel.

0 komentar:

Post a Comment

Pages