UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Tuesday 15 March 2011

Tahukah Anda, Ternyata Bisa SMS Membunuh 6.000 Orang Tiap Tahun

Gambar
Detroit - Mengirim pesan SMS ketika mengemudi sangat berbahaya. Bahkan menurut penelitian, setiap tahun ada 6.000 orang pengemudi meninggal karena kecelakaan akibat ber-SMS.

Survei yang dilakukan North American Precise Syndicate (NAPSI) seperti di kutip dari autoevolution, Rabu (16/3/2011) mengungkapkan kalau setiap tahun lebih dari 6.000 orang meninggal dalam kecelakaan yang disebabkan oleh kelakukan pengemudi yang mengirim email, SMS atau bahkan berbicara di telepon.

Sementara untuk korban luka karena kecelakaan akibat menggunakan ponsel, di Amerika tercatat lebih dari 500.000 orang terluka setiap tahun akibat menggunakan alat komunikasi ini.

Sebagian besar dari angka itu adalah remaja. Tragisnya, survei lain yang dilakukan LG Mobile menunjukkan bahwa hanya 4 persen dari orang tua para korban itu yang mengetahui kebiasaan buruk anaknya.

Pengendara berusia muda memang paling rentan terhadap bahaya penggunaan ponsel sebab jam terbang mereka yang masih sedikit ditambah fokus yang hilang akibat ponsel banyak membuat kecelakaan meski bukan berarti pengendara dewasa tidak bisa mendapat kejadian yang sama.

Sebab studi menunjukkan bahwa anak-anak itu cenderung mewarisi kebiasaan mengemudi dari orang tua mereka yang mereka lihat ketika berkendara bersama.

Jadi orangtua-lah yang harus lebih dahulu mengubah kebiasaan buruk mengemudi agar suatu saat sang anak tidak mengikutinya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ketika berbicara di telepon atau membaca dan mengirim SMS, otak kita tentu langsung beraktivitas dan hal ini menyebabkan penurunan konsentrasi dan kemampuan mengemudi hingga 37 persen.

Sementara haedset cenderung membantu pengemudi lebih berkonsentrasi terhadap jalan. Penggunaan headset bahkan mampu menurunkan kemungkinan kecelakaan sampai 85 persen.

0 komentar:

Post a Comment

Pages