UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Sunday 6 March 2011

Pesona Palangkaraya di Bukit Tangkiling

Detail Berita
(Foto: ceritadayak.blogspot)
SEBUAH bukit batu-batu besar hitam menyerupai bentuk aneka binatang bertumpuk menjulang ke langit. Bukit bernama Bukit Tangkiling inilah yang menjadi salah satu objek wisata terkenal di Palangkaraya.

Taman wisata alam Bukit Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, merupakan objek wisata andalan Kota Palangkaraya. Objek wisata ini dinilai memiliki dayak tarik tersendiri karena menyimpan banyak spesies flora dan fauna.

Lokasi ini memiliki susana alam segar nan asri dengan varian vegetasi yang beragam, juga terdapat bebatuan berbentuk unik yang menjadi sebuah legenda.

Objek wisata tidak terlalu jauh dari pusat Kota Palangkaraya, hanya 34 km ke arah Barat Laut. Jika Anda melintasi kawasan bukit batu di sebelah kiri Jalan Raya Palangkaraya-Kasongan, pemandangan sebuah bukit batu terlihat sangat eksotik di balik pemukiman penduduk dan rerimbunan pohon.

Batu-batu besar hitam menyerupai bentuk aneka binatang itu bertumpuk menjulang ke langit. Uniknya, di antara gerombolan batu terselip pepohonan dan rerumputan hingga menjadi mozaik hijau yang artistik.

Bukit inilah yang terkenal di kalangan masyarakat Palangkaraya dan sekitarnya bernama Bukit Tangkiling yang selanjutnya ditetapkan sebagai kawasan konservasi cagar alam (CA) dan taman wisata alam (TWA) Bukit Tangkiling.

Di dua lokasi itu terdapat sembilan bukit batu serupa yang tersebar mengelompok dan lima bukit batu di Kawasan TWA, yaitu Bukit Tangkiling, Bukit Batu/Tunggal, Bukit Liau, Bukit Buhis, dan Bukit Baranahu. Sementara empat bukit lainnya, adalah Bukit Tisin, Tabala, Klawit, dan Bukit Bulan.

0 komentar:

Post a Comment

Pages