UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Wednesday 25 July 2012

15 Film Bertema Hubungan Ibu dan Putrinya (Bag 2)


Di bagian pertama, kita sudah melihat beberapa film yang mengupas tentang kisah-kisah antara hubungan ibu dan putrinya di layar lebar. Di bagian ini, kita akan menyimak beberapa judul lagi yang memiliki tema serupa. Ingin tahu lebih banyak tentang film-film ini? Berikut adalah bagian kedua dari daftar lima belas film yang menampilkan tema hubungan antara ibu dan putrinya.
PENEROKA - Di bagian pertama, kita sudah melihat beberapa film yang mengupas tentang kisah-kisah antara hubungan ibu dan putrinya di layar lebar. Di bagian ini, kita akan menyimak beberapa judul lagi yang memiliki tema serupa. Ingin tahu lebih banyak tentang film-film ini? Berikut adalah bagian kedua dari daftar lima belas film yang menampilkan tema hubungan antara ibu dan putrinya.

6. Divine Secrets of the Ya-Ya Sisterhood (2002)
Sidda Lee Walker (Sandra Bullock) adalah seorang penulis naskah teater yang membuka luka lama dengan sang ibu, Vivi (Ellen Burstyn) ketika ia mengungkapkan kisah tentang masa kecilnya yang menyakitkan dan hubungannya yang sulit dengan sang ibu dalam sebuah artikel di majalah Time. Vivi pun marah besar, karena selain tidak diundang ke acara pernikahan putrinya itu, artikel di majalah tersebut pun makin membakar harinya. Untuk merekatkan kembali hubungan antara ibu dan putrinya itu, teman-teman Vivi, Necie (Shirley Knight), Caro (Maggie Smith), dan Teensy (Fionnula Flanagan), yang pernah membentuk sebuah organisasi feminis rahasia bernama Ya-Ya Sisterhood bersama sang ibu, menculik Sidda dan membawanya pulang ke Louisiana, dimana mereka mengungkap masa lalu sang ibu yang kelam pada putrinya itu.
Sutradara: Callie Khourie
Penulis Naskah: Callie Khourie
Pemeran:  Sandra Bullock (Siddalee ‘Sidda’ Walker), Ellen Burstyn (Viviane Joan ‘Vivi’ Abbott Walker), Fionnula Flanagan (‘Teensy’ Melissa Whitman), James Garner (Shepard James ‘Shep’ Walker), Cherry Jones (Grandma ‘Buggy’ Abbott), Ashley Judd (Younger Vivi Abbott Walker), Shirley Knight (Necie Rose Kelleher)

7. Anywhere But Here (1999)
Adele August (Susan Sarandon) adalah seorang ibu rumah tangga asal Wisconsin yang menginginkan hidup yang lebih bebas dan glamor seperti di Beverly Hills. Karena itu, ia pun meninggalkan suaminya (Ray Baker) dan membawa serta putrinya, Ann (Natalie Portman), dan berkendara ke Los Angeles bersama. Ketika mereka tiba ke L.A. dan tinggal di sebuah apartemen mahal, dapat dilihat dengan mudah bahwa Ann adalah sosok yang lebih matang daripada sang ibu. Adele yang merupakan seorang pemimpi ingin agar Ann merencanakan karirnya sebagai seorang aktris dan menggaet seorang calon suami kaya, meski itu bukanlah hal yang diinginkan oleh anaknya itu. Ketika sebuah tragedi menyeret ibu dan anak ini ke dalam sebuah krisis, Adele yang tak bertanggung jawab pun akhirnya dipaksa untuk menjalankan peran ibu seperti yang sudah seharusnya.
Sutradara: Wayne Wang
Penulis Naskah: Alvin Sargent
Pemeran: Susan Sarandon (Adele August), Natalie Portman (Ann August), Hart Bochner (Josh Spritzer), Eileen Ryan (Lillian), Ray Baker (Ted), John Diehl (Jimmy)

8. Mildred Pierce (1945)
Mildred Pierce (Joan Crawford) adalah seorang wanita yang berada dalam pernikahan yang tak bahagia dengan suaminya, Bert (Bruce Bennett). Mildred pun akhirnya menceraikan Bert dan membawa dua anak perempuannya, Veda (Ann Blyth) dan Kay (Jo Anne Marlowe). Untuk membuat putri tertuanya, Veda, tetap hidup dalam kenyamanan, Mildred bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran. Dengan bantuan seorang agen real estate licik, Wally Fay (Jack Carson), Mildred berhasil membeli sebuah properti yang diubahnya menjadi jaringan restoran yang tersebar di California Selatan. Sementara itu, usaha Mildred untuk memenangkan hati Veda membuatnya menikahi Monte Beragon (Zachary Scott), pria kaya yang tidak dicintainya, demi menaikkan status sosialnya. Sayangnya, hal ini dibalas Beragon dengan berperilaku tak pantas dan berpotensi menggerus hartanya.
Sutradara: Michael Curtiz
Penulis Naskah: Ranald MacDougall
Pemeran: Joan Crawford (Mildred Pierce), Jack Carson (Wally Fay), Zachary Scott (Monte Beragon), Eve Arden (Ida Corwin), Ann Blyth (Veda Pierce), Bruce Bennett (Bert Pierce)

9. Mother and Child (2009)
Sudah bertahun-tahun lamanya sejak Karen (Annette Bening) menyerahkan putrinya, Elizabeth untuk diadopsi. Tapi, keputusan yang membuatnya membuang sang anak ini selalu menghantui benak Karen. Setelah bertemu dengan Paco (Jimmy Smits) yang santai, Karen membiarkan hidupnya dikontrol oleh kecemasan dan rasa tak percaya. Sementara itu, Elizabeth (Naomi Wattas) yang sudah dewasa adalah seorang pengacara yang baru mendapat pekerjaan bagus di sebuah firma yang dipimpin oleh Paul (Samuel L. Jackson). Meski demikian, kebiasannya yang suka mempergunakan orang lain akan segera membuat hidupnya menjadi sulit.  Di tempat lain, seorang pembuat kue bernama Lucy (Kerry Washington) sudah sangat mengidam-idamkan rasanya menjadi seorang ibu. Karena itu, ia pun memutuskan untuk mengadopsi seorang anak bersama suaminya, Joseph (David Ramsey).
Sutradara: Rodrigo García
Penulis Naskah: Rodrigo García
Pemeran: Alexandria M. Salling (Karen age 14), Connor Kramme (Tom age 14), Annette Bening (Karen), Eileen Ryan (Nora), Samuel L. Jackson (Paul), Naomi Watts (Elizabeth)

10. Terms of Endearment (1983)
Film ini bercerita tentang tiga puluh tahun dalam kehidupan seorang janda bernama Aurora Greenway (Shirley MacLaine) bersama putrinya, Emma (Debra Winger). Emma yang sangat dilindungi oleh Aurora sejak kecil mendapat tentangan dari sang ibu ketika ia menikahi seorang dosen bernama Flap (Jeff Daniels). Aurora pun tidak senang dengan posisinya sebagai nenek kali ini, meski ia lebih menyukai tiga cucunya dibanding sang menantu. Insting Aurora terbukti tepat saat Flap akhirnya selingkuh dengan mahasiswanya (Kate Charleston). Sementara itu, Emma mendapatkan penghiburan dari seorang bankir (John Lithgow) yang juga seorang pria beristri yang tak bahagia. Aurora pun juga memiliki pengagum sendiri, yaitu tetangganya, seorang astronot bernama Garrett (Jack Nicholson).
Sutradara: James L. Brooks
Penulis Naskah: James L. Brooks
Pemeran: Shirley MacLaine (Aurora Greenway), Debra Winger (Emma Horton), Jack Nicholson (Garrett Breedlove), Danny DeVito (Vernon Dahlart), Jeff Daniels (Flap Horton), John Lithgow (Sam Burns)
Foto cover: Anywhere But Here – foxinflight.com

Penulis: SHINTA SETIAWAN

0 komentar:

Post a Comment

Pages