UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Wednesday 25 July 2012

15 Film Bertema Hubungan Ibu dan Putrinya (Bag 1)


Selain menampilkan kisah tentang kepahlawanan dan petualangan, Brave (2012) juga menampilkan sebuah tema yang sudah tak asing lagi di layar lebar. Hubungan ibu dan anak antara Putri Merida yang pemberontak dan Ratu Elinor yang tegas merupakan salah satu hal yang penting dalam film ini. Tapi, sebelum Brave, ada banyak film-film lain yang sudah terlebih dahulu mengeksplorasi rumitnya hubungan antara seorang ibu dan anak perempuannya. Ingin tahu film-film apa sajakah itu? Berikut adalah bagian pertama dari daftar lima belas film yang menampilkan tema hubungan antara ibu dan putrinya.
PENEROKA - Selain menampilkan kisah tentang kepahlawanan dan petualangan, Brave(2012) juga menampilkan sebuah tema yang sudah tak asing lagi di layar lebar. Hubungan ibu dan anak antara Putri Merida yang pemberontak dan Ratu Elinor yang tegas merupakan salah satu hal yang penting dalam film ini. Tapi, sebelum Brave, ada banyak film-film lain yang sudah terlebih dahulu mengeksplorasi rumitnya hubungan antara seorang ibu dan anak perempuannya. Ingin tahu film-film apa sajakah itu? Berikut adalah bagian pertama dari daftar lima belas film yang menampilkan tema hubungan antara ibu dan putrinya.

1. Freaky Friday (2003)
Tess Coleman (Jamie Lee Curtis) adalah seorang single mother yang tinggal bersama anaknya yang masih remaja, Anna (Lindsay Lohan) dan Harry (Ryan Malgarini). Hubungan Tess dengan Anna jauh dari harmonis. Tess yang merupakan seorang terapis adalah sosok wanita yang terkendali, sementara putrinya yang senang tampil seperti anak punk punya sifat pemberontak. Pertentangan keduanya makin memuncak saat acara latihan sebelum pesta pernikahan Tess. Anna ingin kabur dari acara tersebut untuk menghadiri sebuah audisi band yang sangat penting baginya. Sementara itu, Tess justru melihat hal ini sebagai ungkapan kekesalan Anna terhadap calon ayah barunya, Ryan (Mark Harmon). Ketika mereka semua sedang makan malam bersama di sebuah restoran Cina, seorang pelayan (Lucille Soong) yang melihat pasangan ibu dan anak ini bertengkar memutuskan untuk memantrai mereka. Keesokan harinya, kekacauan terjadi karena Tess dan Anna secara ajaib bertukar tubuh. Mereka hanya bisa kembali pada keadaan semula bila keduanya mau mencoba untuk memahami satu sama lain.
Sutradara: Mark Waters
Penulis Naskah: Heather Hach, Leslie Dixon
Pemeran: Jamie Lee Curtis (Tess Coleman), Lindsay Lohan (Anna Coleman), Mark Harmon (Ryan), Harold Gould (Grandpa), Chad Michael Murray (Jake), Stephen Tobolowsky (Mr. Bates), Christina Vidal (Maddie)

2. One True Thing (1998)
Ellen Gulden (Renee Zellweger) adalah seorang lulusan Harvard yang sedang mengerjakan sebuah artikel investigatif untuk New York Magazine ketika ia mendengar dari ayahnya, George (William Hurt), bahwa ibunya, Kate (Meryl Streep), sedang sakit dan ia dibutuhkan untuk merawatnya. Ellen yang memang sedang butuh waktu sendiri untuk menjauh dari masalahnya dengan sang pacar, Jordan (Nicky Katt), memutuskan untuk pergi sambil tetap mengerjakan tugasnya dari rumah. Meski demikian, Ellen sendiri kurang nyaman tinggal bersama ibunya karena hubungan mereka yang selalu canggung. Sesampainya di rumah, Ellen pun sulit menghadapi berbagai aktivitas sosial sang ibu. Tapi, sikap Ellen mulai berubah saat ia menyadari bahwa tahun tersebut adalah saat terakhir dimana ia bisa menghadiri perayaan Thanksgiving dan Natal dengan keluarga yang lengkap.
Sutradara: Carl Franklin
Penulis Naskah: Karen Croner
Pemeran: Meryl Streep (Kate Gulden), Renée Zellweger (Ellen Gulden), William Hurt (George Gulden), Tom Everett Scott (Brian Gulden), Lauren Graham (Jules), Nicky Katt (Jordan Belzer)

3. Carrie (1976)
Carrie White (Sissy Spacek) adalah seorang siswi SMA pemalu yang selalu menjadi bulan-bulanan di sekolahnya. Di rumah, Carrie juga menderita di bawah tekanan dari sang ibu, Margaret (Piper Laurie), yang fanatik dan overprotektif. Setelah sebuah kejadian dimana Carrie dipermalukan oleh beberapa siswi di ruang ganti, gadis ini pun mulai mendapat perhatian khusus dari sang guru olehraga, Miss Collins (Betty Buckley). Sementara itu, Miss Collins juga memutuskan untuk memberi hukuman pada semua siswi yang menganggu Carrie. Salah satu dari mereka, Chris Hargenson (Nancy Allen), merasa dendam pada Carrie, sebab, tak hanya mendapat hukuman, ia pun jadi tidak bisa menghadiri pesta prom. Untuk memberi pelajaran pada Carrie, Chris dan teman-temannya memasang jebakan dalam pesta tersebut yang dipergunakannya untuk mempermalukan Carrie di hadapan seluruh siswa yang hadir. Yang tidak diketahui oleh mereka, Carrie ternyata memiliki kekuatan telekinesis yang berpotensi untuk menghadirkan bahaya bagi semua orang di pesta tersebut.
Sutradara: Brian De Palma
Penulis Naskah: Lawrence D. Cohen
Pemeran: Sissy Spacek (Carrie), Piper Laurie (Margaret White), Amy Irving (Sue Snell), William Katt (Tommy Ross), John Travolta (Billy Nolan), Nancy Allen (Chris Hargensen)

4. Heartbreakers (2001)
Max (Sigourney Weaver) dan Page Conners (Jennifer Love Hewitt) adalah ibu dan anak yang berprofesi sebagai penipu yang menjerat pria-pria kaya sebagai korbannya. Dalam aksi terakhir mereka, Max dan Page sedang menyelesaikan tipuan mereka pada Dean (Ray Liotta), seorang pemilik bengkel yang kaya. Ketika tugas tersebut sudah beres, Page memberitahu ibunya bahwa ia ingin berhenti dan membuka usahanya sendiri. Tapi, untuk melunasi sebuah hutang, Max meminta agar Page mau menjalankan satu aksi lagi. Korban yang mereka bidik kali ini adalah duda kaya bernama William B. Tensy (Gene Hackman). Tapi, tugas mereka kali ini tak berjalan mulus karena Dean akhirnya melacak jejak Max, sementara Page jatuh cinta dengan seorang pemilik bar, Jack Withrowe (Jason Lee), yang uangnya sedang ia incar.
Sutradara: David Mirkin
Penulis Naskah: Robert Dunn, Paul Guay & Stephen Mazur
Pemeran: Sigourney Weaver (Angela Nardino / Max Conners / Ulga Yevanova), Jennifer Love Hewitt (Wendy / Page Conners / Jane Helstrom), Ray Liotta (Dean Cumanno / Vinny Staggliano), Jason Lee (Jack Withrowe), Anne Bancroft (Gloria Vogal / Barbara), Jeffrey Jones (Mr. Appel), Gene Hackman (William B. Tensy)

5. Mommie Dearest (1981)
Ketika ibu angkatnya, Joan Crawford, meninggal di tahun 1977, aktris dan penulis Christina Crawford dan saudara laki-lakinya, Christopher, sama sekali tidak mendapat bagian dari warisan ibunya tersebut tanpa alasan jelas. Hal ni menginspirasi Christina untuk menulis sebuah autobiografi kontroversial berjudul Mommie Dearest yang dijadikan dasar bagi film ini. Dalam kisahnya, Joan (Faye Dunaway) memutuskan untuk mengadopsi dua anak untuk mengisi kekosongan dalam hidupnya. Tapi, permasalahannya dengan alkohol, pria, dan tekanan besar dari dunia hiburan membuatnya berubah menjadi seorang ibu penyiksa di mata Christina dan Christopher. Apa yang terjadi di balik pintu keluarga Crawford merupakan kisah kelam yang tertutupi oleh kehidupan glamor sang ibu.
Sutradara: Frank Perry
Penulis Naskah: Robert Getchell, Tracy Hotchner, Frank Perry, Frank Yablans
Pemeran: Faye Dunaway (Joan Crawford), Diana Scarwid (Christina Crawford), Steve Forrest (Greg Savitt), Howard Da Silva (Louis B. Mayer), Mara Hobel (Young Christina Crawford), Rutanya Alda (Carol Ann)
Foto cover: Freaky Friday – kino.itop.net 

Penulis: SHINTA SETIAWAN

0 komentar:

Post a Comment

Pages