UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Saturday 29 January 2011

Polda Metro Luncurkan Tiga Samsat Drive Thru

Misi untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat tentang lalu lintas terus ditekankan. Terbaru, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meresmikan beroperasinya gerai sistem manunggal satu atap (Samsat) tau sering disebut Drive Thru di tiga Samsat yakni Jakarta Timur, Samsat Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, Jumat (28/01/2011).

Pelayanan Drive Thru ini merupakan program pengembangan yang sebelumnya dilakukan di Samsat Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Adapun peresmiannya bertempat di Samsat Jakarta Timur di Jalan DI Panjaitan dengan dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, perwakilan Menteri BUMN, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sutarman, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Royke Lumowa, MM.

Gerai Samsat Drive Thru ini sangat efektif karena pengemudi tidak harus turun dari kendaraan untuk melakukan proses administrasi pembayaran. Di Samsat Jakarta Timur, diresmikan Drive Thru mobil dan motor, adapun untuk Pusat dan Utara baru untuk mobil.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Sutarman menyambut positif pengembangan ini. Pasalnya, adanya Drive Thru jelas memangkas waktu tunggu pengurusan pajak mobil atau motor.

"Dengan adanya Samsat Drive Thru masyarakat bisa mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam mengurus pajak, sehingga mereka bisa mendapatkan kepastian waktu," ujar Sutarman dalam sambutan peresmian Samsat Drive Thru di Samsat Jakarta Timur,Jumat(28/01/2011).

Jenderal bintang dua itu juga memastikan akan terus melakukan pengembangan agar sistem drive thru memiliki standar operasional prosedur. Salah satunya dengan penempatan personil yang mempunyai kompetensi dalam bidangnya. "Agar tidak ada lagi terjadi penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di dalam pelayanan," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Fauzi Bowo juga menyambut baik adanya peluncuran tiga Drive Thru ini. Menurutnya, hal ini jelas sesuai dengan kebutuhan masyarakat Jakarta yang menginginkan adanya kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan pajak.

"Inovasi ini cocok dengan kebutuhan masyarakat, namun masyarakat pasti akan membutuhkan drive thru lainnya yang ada di Jakarta karena lima saja tidak cukup," ujar Fauzi Bowo.

Di lain pihak, Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan mengatakan dengan inovasi ini memperlihatkan institusi Polri terus melakukan Inovasi dan Kreasi dalam mengikuti perkembangan dinamis di masyarakat. "Ini merupakan implementasi polri dalam UU Pelayanan Publik no 25 tahun 2009, saya pun bangga dengan adanya pelayanan ini," ungkapnya.

"Selain prosedur pelayanan yang baru, drive thru juga harus diawaki oleh personil dengan murah senyum dan senang dalam menjalankan tugasnya. Sehingga dengan rasa senang itu, masyarakat juga akan merasakan kemudahan," sambungnya.

Selain Drive Thru, Polda Metro Jaya sebelumnya juga telah mengembangkan program Bus Pelayanan STNK dan SIM, yang setiap harinya tersebar di beberapa wilayah di Jakarta. Tak hanya itu, Polda Metro Jaya juga membuka gerai STNK di pusat perbelanjaan yang buka hingga malam hari. (Erwan/Awal/TMC).

0 komentar:

Post a Comment

Pages