UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Sunday 9 January 2011

Membuat Template Blog Paling Bagus

Membuat template Magazine Blogger - Thanks untuk temanku yang rela leletopnya kusita selama 2 jam. wakakaka. Tuh orangnya manyun gara2 ga isa maen game selama 2 jam.wekekekke.
Saya hanya mengajak anda untuk memahami konsep pembuatan template Magazine Blogger ala Herro aja yah. Hal – hal yang harus anda pelajari diluar blog ini adalah pemahaman struktur dan kode HTML dari template Blogger, cara penambahan kolom pada template, dan trik hidden elemen atau trik membuat elemen portal. Anda bisa dengan mudah mempelajari hal2 diatas karena memang sudah banyak para suhu tutorial blogger yang menulisnya.

Weks, ga usah tegang yah para pembaca yang budiman :D. Soalnya saya baca ulang kok serius amat kata2nya.wakkaka. Tenang saja, konsep pembuatan template Magazine ala Herro ini ga ribet kok. Dijamin ini konsep paling simple deh dan mudah dimengerti walaupun anda baru belajar mengutak-atik HTML template.

Sebagai percobaan, template awal yang akan kita gunakan adalah template minima yang asli bawaan blogspot(wakkaka, minima sekarang ngetop jadi template wajib yah).

Rencananya, kita akan membuat sebuah template dengan tampilan halaman utamanya seperti Koran gitu deh, yang banyak kolom2nya kayak tambak udang ;). Kemudian tampilannya akan berubah kembali menjadi minima standart saat kita menampilkan postingan secara lengkap.

Konsep tata letak elemen dari template minima kira2 seperti gambar dibawah ini,

Bener ga seperti itu yah??? Wekekke. Pokoke kayak gitu deh, awas yah kalo ngeledek gambarnya jelek :p.
Langkah awal dari konsep Template Magazine adalah membuat beberapa kolom baru yang akan ditampilkan pada halaman utama blog. Kita anggap kolom2 barunya dengan posisi seperti gambar berikut tepat dibawah header(ga harus sama).

Sehingga jika digabungkan dengan template minima asli maka hasilnya akan menjadi seperti ini

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan trik hidden elemen pada elemen blog post dan sidebar sehingga hasil akhir dari tampilan halaman utama blog dengan susunan sebagai berikut :


Selesai deh templatenya. Gampangkan? Pasti pada bilang, “Gampang gundulmu”. Wakakkaka. Secara konsep memang gampang, ga tau deh kalo anda sudah berkutat dengan kode – kode htmlnya. Lho lho lho??? Kalo blog postnya dihidden, berarti postingannya nda tampil dunk di halaman utama????

Tenang saja, seperti yang saya sebutkan diatas bahwa konsep template Magazine ala Herro ga bakalan ribet. Anda hanya perlu mencoba untuk menyiapkan sebuah blog dengan tampilan seperti konsep yang saya gambarkan diatas. Artikel selanjutnya saya akan membeberkan trik rahasia dari sebuah template Magazine Blogger Premium hingga Pertamaxnya sekalian :D hingga benar2 menyamai WP magazine yang sesungguhnya.

Beberapa trik yang akan saya beberkan yang umumnya terdapat pada template WP magazine adalah :
1. Penggunaan 2 buah Blog post dalam 1 Blog.
2. Cara menambahkan gambar thumbnail disamping postingan pada halaman utama
3. Menampilkan preview postingan terbaru untuk kategori tertentu

Mungkin hanya trik diatas yang belum dituliskan oleh para suhu tutorial blogger(atau saya yang loem pernah baca). Atau ada suhu yang mau menuliskan 2 trik diatas silahkan saja, malah saya akan sangat terbantu karena tak perlu lagi berurusan dengan html dan javascript. Wekekke. Sekalian juga memberikan link referensi tutorial triknya dibagian komentar postingan ini agar dapat mempermudah para pembaca.

Pada trik nomor 1 agak sedikit spesial. Pada umumnya template2 magazine Blogger yang beredar bebas secara gratis saat ini tetap menggunakan 1 buah Blog post sehingga diperlukan keahlian khusus dalam merubah susunan html dan css content area pada template. Sama seperti template Blash Imagine Blogger yang saya buat dulu atau template Shining Sky Blogger yang saya buat untuk Btheme.info. Kelebihan dari penggunaan 2 Blog post adalah kebebasan dalam kreasi tampilan serta kemudahan pengaturan. Sebagai contoh, Anda bisa lihat pada halaman utama dari blog www.myherro.com ini. Terlihat ada sebuah icon kecil disamping judul artikel yang bertuliskan “NEW”, selain itu juga saya dapat menghilangkan tulisan jumlah komentar, label, dan waktu posting. Jika anda mengklik pada link kategori, maka anda akan diarahkan pada blog post yang satunya lagi dimana akan terlihat seperti sedia kala tampilan postingan blog pada umumnya. Keuntungan lain dari penggunaan 2 blog post adalah pengaturan lebar dari body postingan yang dapat diatur sesuai selera.

Untuk postingan yang selanjutnya mungkin tidak saya tuliskan secepat yang anda harapkan. Harap maklum, pulsa saya tidak banyak lagi untuk melakukan koneksi internet dengan sinyal gprs yang empot-empotan kayak gini :P. Susah amat, beli aja lagi?? Wakkaka. Seandainya gratis sih mau aja(dasar orang miskin).

Ohya, ada yang tau cara menjual domain dengan cepat dan harga yang bagus????? Mungkin saya akan menjual 2 domain saya yakni www.myherro.com dengan pagerank 4 dan www.btheme.info dengan pagerank 3. Keduanya valid. Terus terang saya blank ga tau sama sekali untuk urusan jual beli domain ataupun cara transfer domainnya gimana. Tapi ini hanya sekedar rencana dadakan saja, belum tentu saya akan menjualnya. Saya mengikutkan 2 domain ini dalam daftar penjualan benda2 yang akan saya jual demi mendapatkan dana yang sangat saya butuhkan.

0 komentar:

Post a Comment

Pages