UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Thursday 15 March 2012

Ini Dia Gan, Mobil yang Beredar Di Indonesia

Hingga detik ini, tercatat sebanyak 23 unit mobil terbaru yang akan meramaikan bursa kendaraan di Indonesia, bahkan beberapa diantaranya sudah resmi meluncur ke pasar.
Sebagai media online otomotif yang berorientasi kepada konsumen, kami akan terus berusaha menghadirkan informasi bermutu kepada pengunjung Carmall.Com. Sesuai dengan judul, kami bermaksud memberikan gambaran profil singkat mobil terbaru yang akan meramaikan pasar mobil tanah air di 2012. Positifnya, Anda dapat memiliki referensi jika berencana menebus mobil baru dalam waktu dekat.

Hasil pengamatan tim di lapangan, sejak Januari hingga Februari 2012 terdapat sejumlah Agen Pemegang Merek mobil menggelarpreview maupun peluncuran model terkini. Baik produsen asal Amerika, Korea, Eropa maupun Jepang. Dari semuanya, terpantau ada yang mengeluarkan produk versi facelift maupun new comer (pendatang baru) untuk melengkapi line-up produknya.

Sebut saja, produsen Honda melalui PT Honda Prospect Motor yang pada (22/2) kemarin meluncurkan New Honda Odyssey (facelift). Lalu, ada juga brand Mazda dengan sedan sport RX-8 Spirit R yang diklaim sebagai versi terbaru sekaligus generasi terakhir. Sementara, produsen mobil Amerika, via Ford Motor Indonesia memperkenalkan All New Ford Ranger atau Fiesta S sedan didepan media pada Januari lalu.

Langsung saja simak daftar dari mobil yang beredar di tanah air untuk 2012 ini:

Mobil Eropa:

BMW Seri 1
BMW Indonesia akhirnya membawa hatchback premium berinisial Seri 1 terbarunya ke Indonesia. Tak hanya satu model melainkan dua varian sekaligus, Sport Line dan Urban Line. Kedua tipe tersebut hanya
dibedakan dari segi penampilan luar, jika Sport Line tampil lebih agresif sedangkan Urban Line lebih mengedepankan unsur elegan.

Model terbaru BMW 116i ini menggunakan mesin bensin 1.600 cc, empat silinder dengan teknologi BMW TwinPower turbo serta dikombinasikan TWINScroll turbocharger, VALVETRONIC, Double-VANOS, dan High Presicion Injection akibatnya hatchback lima penumpang ini memiliki torsi besar pada putaran mesin bawah. Bagian kabin, terdapat fitur iDrive
dengan monitor datar 6,5 inci yang sudah dilengkapi sistem entertainmentBMW Radio Professional dengan koneksi USB dan Bluetooth berikut fungsi audio streaming dan Bluetooth Office. Keduanya dibanderol Rp. 529 Juta (off-the road).
BMW 640 Coupe
Menurut pihak pabrikan, BMW Seri 6 Coupe (650i dan 640i) menyajikan desain yang indah dan elegan serta memberikan nuansa kabin yang lega. Faktanya, sedan dua pintu ini yang dijual Rp.1.888.000.000 (650i Coupe M Sport), dan Rp.1.418.000.000 (640i Coupe) juga memiliki nafas sebuah mobil sport.

Cita rasa sportnya terpancar dari mesin mesin V8 berkapasitas 4.400 cc bertenaga 407 hp dengan torsi tertinggi 500 Nm untuk tipe 650i Coupe, BMW mengklaim sedan ini dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam 4,9 detik. Sedangkan, tipe 640i bermodalkan mesin 3.000 cc yang sanggup mengeluarkan tenaga 320 hp dengan torsi maksimal 450 Nm.

BMW 520i

Menggunakan mesin segaris 4 silinder, Twin Power Turbo, 1.997 cc. Melalui mesin tersebut mampu menghempaskan tenaga hingga 184 hp pada torsi 270 Nm. Transmisi yang digunakan ialah otomatissteptronicdengan delapan percepatan. Pihak BMW mengklaim mobil ini mempunyai efisiensi bahan bakar hingga 15,6 km/liter.

Dengan dimensi panjang 4,8 meter dan lebar 1,4 meter sedan mewah ini tergolong mempunyaibodyyang besar. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 70 liter. Urusan kenyamanan mobil ini sudahdilengkapi dengan suspensewishboneganda baik depan maupun belakang. Fitur-fitur sepertiair bags, traksi kontrol, audio Aux, USB Port, jok elektrik,Bluetoothserta sensor parkir yang tersebar di bumper depan dan belakang menambah kenyamanan mengemudi. Harga mobil ini mencapai Rp.798 juta (off the road)

BMW 528i Executive

Dari sisi desain eksterior tidak jauh berbeda dengan BMW Seri-5 lainnya. Tapi dapur pacu dari 528i Executive dengan mesin 1997 cc mampu menghempaskan tenaga hingga 245 hp pada torsi 350 Nm. Hal ini dikarenakan ditanamkannya empat Twin Power Turbo yang menambah tenaga 528i Executive.

Secara dimensi juga tidak jauh berbeda dengan panjang 4,8 meter dan lebar 1,8 meter. Namun fitur-fitur yang dihadirkan lebih lengkap. Mulai dariair bags, traksi kontrol, audio Aux, USB Port, jok elektrik,Bluetooth,AC untuk barisan belakang,sunroof,dual zoneAC, sensor parkir, sampai rem parkir elektrik. Bila Anda ingin membelinya, BMW Indonesia menjualnya dengan harga Rp.978 juta (off the road).

X1 sDrive18i Business

SAV (Sport Activity Vehicle)compactBMW X1 mempunyai varian baru pada 2012 ini yaitu X1 sDrive18i Business. Mobil ini mengusung mesin bensin 1.955 cc empat silinder bertenaga 150 hp yang telah dilengkapi fitur Valvetronic dan Double VANOS. Torsi mesin ini maksimum 200 Nm pada 3.600 rpm. Diklaim oleh BMW SAV ini mampu melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 10,4 detik.

Sedangkan kecepatan maksimum yang sanggup dicapainya 200 km / jam dengan rata-rata konsumsi bahan bakar satu liter untuk 11,9 km. Beberapa fitur baru juga dipasangkan oleh BMW padaentry modelini. Seperti perangkat interior Sensatec, lapisan warna silver satin, sistem audio Radio Professional danbluetooth interface. BMW melabeli harga X1 sDrive18i Business Rp 486 juta (off the road).

Mercedes-BenzC 63 AMG Coupe
Kehadiran C 63 AMG Coupe semakin melengkapi line-up C-Class AMG yang sebelumnya sudah dibawa oleh Mercy Indonesia, yakni versi Sedan dan Estate. Mercy menanamkan mesin V8 AMG 6.3 liter yang menghasilkan tenaga maksimum hingga 457 hp dengan torsi 600 Nm. Urusanakselerasi, Mercy mengklaim mobil ini mampu melesat hanya 4,5 detik dari 0 - 100 km/jam.

Sedan dua pintu yang dilengkapi fiturRace Startsehingga memungkinkan pengemudi mengeksplorasi ketangguhan kendaraan saat berakselerasi ini dijual Mercy Indonesia dengan harga Rp.1,799 miliar (off the road).
Mercedes-Benz SLS 63 AMG Roadster
Mercy SLS 63 AMG dengan pintu gullwing ternyata mempunyai saudara kembar yakni SLS 63 AMG Roadster. Perbedaan paling jelas terlihat pada penggunaan atap yang bisa dibuka untuk model roadster. Bahkan saat Anda membawa mobil ini dengan kecepatan maksimum 50 km/jam, atapnya masih bisadioperasikan baik membuka maupun menutup.

Kombinasi rangka aluminium dan mesin front-mid AMG V8 6.3 liter dengan dry sump lubrication ini mampu menghasilkan tenaga 571 hp pada torsi 650 Nm. Fitur AMG Drive Unit membuat pengemudi SLS 63 AMG Roadster dapat mengatur sendiri suspensi yang diinginkannya baik itu "Comfort", "Sport", atau "Sport Plus". Kalau berminat menebus sedan asal Jerman ini siapkan dana Rp.4,399 miliar (off the road).

Audi Q3

Pecinta SUV Audi bakal mendapatkan pilihan baru, yaitu seri Q3. Datang dengan dimensi lebih kecil dari saudara kandungnya. Q3 datang dengan ukuran panjang4.390 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi hanya 1.600 mm. Begitu juga soal ruang pacunya, hanya dipersenjatai dengan isi silinder 2.000 cc, 4 silinder segaris, turbo, walau demikian tenaga maksimum mampu diperoleh sebanyak 211 hp pada 5.000 rpm-6.200 rpm dan torsi maksimum 300 Nm pada putaran mesin 1.800 sampai 4.900 rpm. Mesin tersebut dikawinkan transmisi otomatis 7 percepatan dengan penggerak empat roda.

Bila Anda berminat dengan SUV yang memiliki fitur AC otomatis, pengenalan jok elektrik dengan delapan posisi pengaturan,sunroofserta audio dengan 10 speaker Bose dan enam channel amplifier ini siapkan budget sekitar Rp 750 - Rp 800 Jutaan, karena kemungkinan Q3 akan dijual dengan rentang harga tersebut pada April mendatang.

Peugeot 207 Sedan Sportium

 
Perbedaan yang paling terlihat antara Peugeot 207 Sedan dengan edisi Sportium adalah tampilan eksteriornya. Bemper depan dan belakang sertaside skirtterlihat lebih besar membuat tampilan lebihsporty. Adanya spoiler pada bagasi menguatkan aksen balap pada mobil ini. Di bagian interior, Peugeot menyematkansemi leather seatyang membuat jok terasa lebih nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang. Sedangkan urusan dapur pacu, Peugeot 207 Sedan Sportium tidak ada perubahan.

Masih dibekali mesin berkode TU5JP4, empat silinder, DOHC 16 Valves. Kapasitas mesin yang mencapai 1.597 cc diklaim oleh Peugeot dapat menghempaskan tenaga hingga 110 hp / 5.800 rpm melalui tranmisi otomatis empat percepatan dengan teknologitiptronic system. Harga yang dibanderol oleh Peugeot Indonesia ialah Rp.283 Juta (on the road), lebih mahal Rp.10 Juta dengan tipe standar.

MINI Cooper Countryman

Kehadiran Countryman di keluarga MINI sebagai jembatan antara MINI klasik denganSports Activity Vehicle. "Model ini hadir dengan ruang interior lebih lega serta fungsional," ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia saat peluncurannya. Kabin yang lebih luas memang menjadi daya tarik untuk kenyamanan pada Countryman. Faktor keselamatan juga teruji dengan penghargaan bintang lima dalam uji tabrak Euro NCAP.

Mesin yang digunakan pada MINI Cooper Countryman ialah 1,6 liter, empat silinder yang menghasilkan tenaga hingga 120 hp. Transmisi otomatis enam percepatan dengan Steptronic melengkapi edisi Countryman. Sedangkan, kenyamanan penumpang didukung dari Radio MINI Boost CD sampai Bluetoothhands-freedengan USB interface. MINI Cooper Countryman dibanderol Rp.579 Juta (off the road).

MINI Cooper S Countryman

Untuk tipe Cooper S perbedaannya terletak pada mesin yang diberi tambahan berupa fitur twin-scroll turbocharger, direct injection dan fully variable valve management, sehingga tenaga yang dihasilkan mencapai 184 hp. Bila varian Cooper bisa dimasuki lima penumpang, berbeda dengan Cooper S yang hanya memuat empat penumpang. Tepat dibagian tengah pemisah jok barisan belakang terdapat MINI Center Rail yang bisa diintergrasikan sebagai kotak penyimpana baik sebagai cup holder (menaruh gelas kecil), mobile phone, dan lainnya.

Kelebihan lain dari MINI Cooper S Countryman menawarkan sistem audio dari Harman Kardon Hi-Fi Soundsystem yang mempunyai kualitas tinggi. MINI Cooper S Countryman juga dilengkapi fitur MINI Connected untuk menghubungkan piranti hiburan dengan Apple iPhone Anda. Fitur lainnya, Bluetooth hands-free dengan USB interface dan voice control. MINI Cooper S Countryman dibanderol Rp.659 Juta (Off the road).

Mobil Korea:


Hyundai Grand Avega

Grand Avegahatchback kini menyajikan gayafluidic design yang diperlihatkan dengan penonjolan garis-garis cekung dan cembung pada bodi yang kompak. Pengembangannya juga dilakukan tim desain Eropa pimpinan Thomas Burkle, mantan desainer BMW. Kedinamisan Grand Avega tergambar mulai dari tampilan depan melalui pengaplikasianbumperlebar danbonnetdisertai penonjolan garis yang diteruskan ke bagian samping bodi hingga buritan. Makin tegas akibathead lamp,fog lamp, danrear lampdi desain dengan sudut yang tajam.

City carbermesin DOHC 1.400 cc yang diklaim bertenaga 108 hp dan torsi 136 Nm, untuk tipe tranmisi manual lima kecepatan dihargai Rp161,5 juta. Sementara Grand Avega bertransmisi otomatis dengan empat kecepatan berfiturshift tronicdijual dengan harga Rp.171,5 juta.

Hyundai H1 Royale

Mobil keluarga besar yang baru saja diluncurkan (27/2) kemarin milik Hyundai ini merupakan varian terbaru yang menawarkan kemewahan dibandingkan tipe sebelumnya. Perbedaan dengan H1 standar terletak pada dua kursicaptain seatbaris kedua, menjadi yang sudah dilengkapi dengan sandaran kaki, kursi ini juga dapat dioperasikan secara elektris.

Fiturelectric sliding doordi pintu kiri penumpang belakang, interior berbalut kulit dengan beberapa ornamen kayu di setir kemudi dandoor trim, serta perangkat hiburan menarik seperti satu unit DVDmonitoryang terpasang di langit-langit. Pihak Hyundai Mobil Indonesia saat ini baru mendatangkan mesin bensin, DOHC, 16 Valve, 2.400 cc yang berpadu dengan transmisi otomatis empat kecepatan. Namun dalam waktu dekat akan tersedia juga tipe diesel. Hyundai H1 Royale (versi bensin) ditawarkan dengan harga sekitar Rp.460 jutaan.

KIA Rio

Inilah hatchback terbaru andalan PT Kia Mobil Indonesia sebagai penerus KIA Rio Pride. All New Rio memiliki desain lebih modern dari
pendahulunya. Bagian lampu depan kini lebih besar dengan lekuk yang membuat tampilannya jauh berbeda dari sebelumnya. Bagian lampu belakangmengadopsi style sedan Jerman seperti BMW. Sementara kabin Rio mampu menyuguhkan aroma nyaman bagi penghuninya. Melalui perangkataudio double dinpenumpang bisa memutar dari berbagai media baik MP3, CD, Bluetooth, USB maupun koneksi AUX IN.

Urusan mesin, All New KIA Rio ditanamkan mesin Gamma dengan kapasitas 1400 cc DOHC. Melalui mesin tersebut tenaga yang dihasilkan sebesar 107 Ps pada putaran 6300 rpm, sedangkan torsinya 13,8 kg pada 4.200 rpm. Transmisi yang dihadirkan ialah manual enam percepatan atau otomatis triptonic. Fitur-fitur yang ditanamkan antara lain, mode ECO yang diklaim sanggup mengirit bahan bakar dan emisi CO2 yang rendah yakni 125 - 167 g/km. KIA Indonesia membanderol mobil ini dengan harga Rp.159,9 juta (M/T) dan Rp.173,9 juta (A/T).

Mobil Malaysia:


Proton Exora Star
Berniat memanaskan persaingan segmen MPV di Tanah Air, PT. Proton Edar Indonesia (PEI) kembali meluncurkan New Proton Exora Star pada Januari kemarin. PEI menghadirkan tiga varian Exora Star yang dibedakan dari aksesoris danequipment.Ketiganya, menyematkan mesin sama yakni Campro CPS 1.600 cc, (125 hp dan 150 Nm). Mobil ini tergolong irit minum bahan bakar, tercatat hanya butuh 9,4 liter per 100 km, untuk pemakaian di dalam kota.

Proton Exora Starmenampilkan aksesoris sepertihead unit 2 DIN(USB, Bluetooth, CD), door visor, side body molding, tint glassdanmark top variant.Tipe ini dibanderol dengan harga Rp.154 Juta (M/T) dan Rp.165 Juta (A/T). Lalu, Exora Star Executive mendapatkan tambahan seperti,jok semi kulit,alloy wheel, rear parking sensor, rear garnish body color, pillar B&C Black colour, outside mirror cover, fog lamps, rear spoiler plus High Mount Stop Lamp tipe ini ditawarkan dengan harga Rp. 168 juta (M/T) dan Rp.178 juta (A/T). Sedangkan,Exora Star Supreme menyajikan head unit 2 DIN (USB, Bluetooth, DVD & GPS Monitor Roof Mounted), full leather seat, front parking camera, rear parking camera, rear garnish crome, door handle crome, bodykit (front, side, rear), rear spoiler plus High Mount Stop Lamp (HMSL). Proton Exora Star Supreme dihargai Rp.188 juta (M/T) dan Rp.199 juta (A/T).

Mobil Jepang:


Suzuki Ertiga

Pada 2012 ini pabrikan Suzuki mendatangkan mobil baru sekaligus penambah line-up produknya. Sempat bikin penasaran para pecinta otomotif tanah air, Suzuki Ertiga digadang-gadang sebagai pesaing XeniAvanza. PT. Suzuki Indomobil Sales sudah resmi mengeluarkan harga inden untuk Ertiga. Tipe GA yakni tipe paling rendah dibanderol Rp.143 juta, tipe GL Rp.153 juta, dan tipe GX sebagai tipe tertinggi dijual Rp.165 juta. Harga tersebut berlaku hanya sampai 21 April 2012.

Berkapasitas tujuh penumpang, Suzuki Ertiga mengambil basis dari Ritz atau di Indonesia lebih dikenal Splash. Desain lampu depan mengadopsi Swift terbaru. Dari segi dimensi, panjang Ertiga diperkirakan mencapai 4,2 meter. Sedangkanwheelbase-nya 2.740 mm. Pada dapur pacu, Suzuki akan menanamkan mesin K series berkode K14 yang telah dilengkapi sistem VVT (Variable-Valve Timing). Dengan kapasitas 1.4 liter, Ertiga mempunyai tenaga hingga 95 hp.

Toyota All New Avanza

All New Avanza memiliki tampilan baru yang tampak pada bagian front bumper,grill,bonnet, danheadlamp. Begitu juga dengan desain spion dan bagian roda dengan pilihan velg berukuran 14 dan 15 inci. Sentuhan pun dilakukan pada bagianrear lampdanrearbumperyang sudah dirancang ulang.

Interiornya mengaplikasi dashboard baru, panel instrument yang lebih segar dan setir kemudi model terbaru. Avanza baru juga dilengkapi dengantilt steering,steering audio swith (kontrol audio pada kemudi), dan Electronic Power Steering. All New Avanza ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc dan dua transmisi (manual maupun otomatis) dengan harga mulai dari Rp.144 Juta hingga Rp.180 Juta.

Toyota
New Alphard
Big MPV (Multi Purpose Vehicle) keluaran PT Toyota Astra Motor (TAM) merupakan produkfaceliftdari pendahulunya. Beberapa ubahan siginifikan terjadi pada eksterior maupun interior. Misalnya, desain front bumperyang dihias dengan garis tegas, grill depan motif krom serta lampu kabut berdesain baru. Pada velg yang menggunakan R17 juga mendapatkanupgrade tampilan motif yang menambah unsur elegan.

Masuk ke bagian interior, New Alphard 2012 versi resmi ini ditunjang dengan penggunaan interiorwood panel yang lebih gelap, penempatan tombol sliding dan reclining pada bahu kursi depan. Tingkat kenyamanan penumpang juga bisa dirasakan melalui peningkatan kualitas audio dari Focal Premium Speaker. Penambahan 10 unit speaker dengan tweeter Beryllium ini diklaim mampu menghasilkan suara lebih jernih dan merata ke seluruh kabin.

Toyota New Alphard hadir dalam tiga varian yaitu 2.4 liter X, G A/T dan 3.5 V A/T dan terdapat empat pilihan warna eksklusif seperti Super White Pearl, Silver Metalic, Gold Pearl Crystal, dan Black Metalic. Alphard terbaru ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 655 juta, Rp800 juta dan Rp 1,034,5 juta on the road Jakarta.
Daihatsu All Xenia
Meski mobil ini diluncurkan pada pertengahan Desember 2011 lalu, namun kehadiran All New Xenia yang muncul pertama kali di 2004, masih menjadi mobil "jualan" bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepanjang tahun bershio Naga air ini. Masih dibekali dengan dua tipe mesin sama dengan pendahulunya yakni 1.000 cc (tipe D dan M) serta 1.300 cc (tipe X dan R) yang ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis (tipe R).

PT ADM mengatakan All New Xenia bertampang lebih besar,khususnya pada total panjang mobil (4.140 mm) dan lebar (1.660 mm) yang bertambah panjang 20 mm serta lebih lebar 30 mm dari sebelumnya. Dampaknya, mobil keluarga pavorit ini memiliki ruang bagasi lebih luas. Ada tambahan 5 warna baru yang dapat dipilih, tersediaicy white, dark steel metallic, light blue metallic, dark grey metallic, classic silver metallic. Sedangkan tiga warna lama,seperti sand gold metallic, royal red metallic,danmidnight black metallic tetap tersedia.
Honda New Odyssey
Generasi terbaru bernama New Honda Odyssey ini menjadi mobil pembuka bagi PT Honda Prospect Motor dalam mengawali perjalanan bisnisnya di 2012. Hadir dengan tampang yang lebih sporty namun tanpa meninggalkan unsur kemewahannya. Ruang pacunya dilengkapi mesin i-VTEC, DOHC, 2.400 cc (180 PS di 6.500 rpm dan 22.2 Kg.m di 4.500 rpm) dengan transmisi otomatis 5 percepatan.

Mobil keluarga tujuh penumpang yang diimpor langsung dari Jepang ini disamping memiliki fitur keamanan dan keselamatan memadai, konstruksi bodi depan juga dirancang untuk mengurangi cidera berat bagi pejalan kaki bila terjadi kecelakaan. Harga yang ditawarkan untuk New Honda Odyssey Rp.529 juta.
Mazda RX8 Spirit R
PT. Mazda Motor Indonesia menghadirkan generasi terakhir dari seri RX ini kepada masyarakat Indonesia. Sedan sport yang terkenal dengan mesinrotary ini mempunyai perbedaan dari segi tampilan dibandingkan RX-8 reguler. Tampilan eksteriornya lebih terlihat chicks dan dinamis.Mazda RX-8 Spirit R telah ditanamkan SRS Airbags dan Dynamic Stability Control sebagai fitur keamanan. PT MMI menghadirkan tiga pilihan warna yakni Aluminium Metallic, Sparkling Black Mica, dan Crystal White Pearl Mica. Di Indonesia, sedan empat penumpang tersebut dibanderol Rp.682 Juta.
Mobil Amerika:
All New Ford Ranger
Segmentase kendaraan pick-up terbaru mungkin baru PT Ford Motor Indonesia(FMI) saja yang telah melakukan preview ke publik tanah air dengan memboyong langsung All New Ford Ranger 2012 dari pabrik perakitannya di Thailand.

All New Ford Ranger untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam dua tipe yakni Wildtrak bertransmisi otomatis 6 percepatan dan tipe standar 6 percepatan manual. Keduanya mengusung mesin diesel terbaru sebesar 2.200 cc, 4 silinder, DuraTORQ, turbo yang mampu melontarkan tenaga 110 Kw pada tingkat 3.700 rpm dan torsi puncak 375 Nm diantara putaran mesin 1.500 dan 2.500 rpm. Tidak hanya itu baik versi transmisi manual maupun otomatis telah dilengkapi fitur penggerak 4x4 atau 4x2 sehingga memberikan kenyamanan di saat melewati berbagai medan berat. Tapi sayang, PT FMI mengatakan untuk banderoldouble cab-nya itu masihoff the record.
Ford Fiesta S Sedan

Dalam kesempatan yang sama saat media Gathering pada 17 Januari lalu, FMI sekaligus memperkenalkan Ford Fiesta S sedan. Jenis sedan denganhatchback-yang lebih dulu masuk pasar-hanya dibedakan dari adanya penambahan bokong saja, sementara mesinnya sama yaitu 1.600 cc,
4 silinder. Fiesta S sedan didaulat FMI untuk bersaing di segmen sedan kompak seperti Toyota Vios ataupun Mazda 2 Sedan.

     Sumber:http://id.carmall.com/id/otomotif/info_artikel/katalog-mobil-indonesia-2012-1371/

0 komentar:

Post a Comment

Pages