UUD TILANG

UUD TILANG
Tabel Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Friday 9 March 2012

9 CARA MUDAH MEMBUAT PROPOSAL PTK


Masih banyak kita temukan teman-teman guru yang kebingungan ketika akan membuat proposal PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ), berikut ini saya sampaikan sembilan langkah mudah membuat proposal PTK :
A.  JUDUL PENELITIAN
Judul hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup jelas menggambarkan masalah yang akan diteliti dan tindakan untuk mengatasi masalahnya.
B.  BIDANG KAJIAN
Tuliskan bidang kajian penelitian
 C. PENDAHULUAN
Penelitian  dilakukan  untuk  memecahkan  permasalahan  pendidikan  dan  pembelajaran.  Kemukakan  secara  jelas  bahwa  masalah  yang  diteliti merupakan  sebuah  masalah  yang  nyata terjadi  di  sekolah,  dan  diagnosis dilakukan  oleh  guru  dan/atau  tenaga  kependidikan  lainnya  di  sekolah. Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah masalah penting dan mendesak untuk dipecahkan,  serta  dapat  dilaksanakan  dilihat  dari  segi  ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut. Setelah diidentifikasi masalah penelitiannya, maka selanjutnya perlu dianalisis  dan  dideskripsikan  secara  cermat  akar  penyebab  dari  masalah tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari masalah dan akar penyebab    munculnya masalah tersebut. Prosedur yang  digunakan  dalam  identifikasi  masalah  perlu  dikemukakan secara jelas dan sistematis.
 D.PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1.      Perumusan Masalah
Rumuskan  masalah  penelitian  dalam  bentuk  suatu  rumusan  penelitian tindakan  kelas.  Dalam perumusan  masalah  dapat  dijelaskan  definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknya  menggunakan  kalimat  tanya  dengan  mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan   dan hasil positif yang diantisipasi dengan mengajukan indikator keberhasilan  tindakan,   dan cara pengukuran serta cara mengevaluasinya.
2.      Pemecahan Masalah
Uraikan    alternatif  tindakan  yang  akan  dilakukan  untuk  memecahkan masalah. Pendekatan  dan  konsep  yang  digunakan  untuk  menjawab masalah yang diteliti, hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas.  Cara  pemecahan  masalah  ditentukan     berdasarkan pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan  (action) yang jelas dan terarah.
3.      Tujuan Penelitian
Kemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan  mendasarkan pada  permasalahan  yang  dikemukakan.  Tujuan umum  dan  khusus  diuraikan  dengan  jelas, sehingga diukur    tingkat pencapaian keberhasilannya.
4.      Kontribusi Hasil Penelitian
Uraikan kontribusi hasil penelitian terhadap kualitas pendidikan dan/atau pembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun komponen pendidikan di sekolah lainnya. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.

E.  KAJIAN PUSTAKA
Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari usulan rancangan penelitian tindakan.   Kemukakan juga  teori,  temuan  dan  bahan penelitian lain  yang mendukung  pilihan tindakan  untuk  mengatasi  permasalahan penelitian  tersebut. Uraian  ini digunakan  untuk  menyusun  kerangka  berpikir  atau  konsep  yang  akan digunakan dalam penelitian. Pada bagian akhir dapat dikemukakan hipotesis tindakan  yang menggambarkan  indikator  keberhasilan  tindakan  yang diharapkan /diantisipasi.
 F.  RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Uraikan  secara  jelas  prosedur  penelitian  yang  akan  dilakukan. Kemukakan objek, waktu dan lamanya tindakan, serta lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus. Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan yang dicapai dalam setiap siklus sebelum pindah ke siklus lain. Jumlah siklus diusahakan  lebih dari  satu  siklus,  meskipun  harus  diingat  juga  jadwal kegiatan belajar di sekolah. Dalam rencana pelaksanaan tindakan pada setiap tahapan  hendaknya  digambarkan  peranan  dan intensitas  kegiatan  masingmasing  anggota  peneliti,  sehingga  tampak  jelas  tingkat  dan kualitas kolaborasi dalam penelitian tersebut.
 G. JADWAL PENELITIAN
Buatlah  jadwal  kegiatan  penelitian  yang  meliputi  perencanaan, persiapan, pelaksanaan,  dan  penyusunan  laporan  hasil  penelitian. Jadwal kegiatan penelitian
 H. BIAYA PENELITIAN
Kemukakan besarnya biaya penelitian secara rinci dengan mengacu kepada kegiatan penelitian. Rekapitulasi biaya penelitian:
1.      Honorarium ketua, anggota maksimal 30%
2.      Biaya operasional minimal 30 %
3.      Biaya pembelian ATK maksimal 30%
4.      Lain-lain pengeluaran 10%
I.  PERSONALIA PENELITIAN
Rincilah  nama  personalia  tim  peneliti,  golongan,  pangkat, jabatan,  dan lembaga  tempat  tugas.
Lampiran-lampiran
1.      Daftar Pustaka, yang dituliskan secara konsisten menurut model APA, MLA atau Turabian.
2.      Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan sampai saat ini).
 Sumber : Berbagai sumber dari materi Pelatihan PTK

0 komentar:

Post a Comment

Pages