REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Tata Motors Indonesia mempunyai sejumlah mobil andalan yang akan masuk dan bertarung di pasar kendaraan-kendaraan niaga atau komersial tanah air pada 2013 selain Nano di segmen mobil penumpang.
"Kami punya banyak mobil 'pick-up' seperti Super ACE, ACE EX, atau Xenon. Itu adalah mobil komersial yang juga (menjadi) jagoan Tata Motors," kata Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta, di Jakarta.
Sengupta mengatakan Tata Motors Indonesia akan memboyong mobil-mobil di kedua segmen kendaraan itu di Indonesia meskipun tidak dalam waktu yang sama.
Anak perusahaan Tata Motors di India itu, dalam persiapan peluncuran produknya, masih menjajaki berbagai peluang di masing-masing segmen kendaraan.
"Area khusus yang menarik bagi Tata Motors adalah mobil-mobil kecil, jenis 'hatchback', 'pick-up' kecil, dan kendaraan-kendaraan CNG (compress natural gas)," kata Sengupta.
Tata Motors Indonesia sengaja membidik pasar kendaraan niaga Indonesia karena pertumbuhan segmen itu lebih cepat dibanding kendaraan penumpang meskipun ukuran pasarnya jauh lebih kecil.
Pimpinan Tata Motors Indonesia itu mengatakan permintaan pasar otomotif nasional yang kemudian akan menentukan arah penekanan segmentasi produk.
"Tidak adil bagi saya untuk memutuskan apakah Nano lebih baik, bus lebih baik, (kendaraan) komersial lebih baik. Konsumen yang akan memutuskan," kata Sengupta.
Terkait Nano, Tata Motors Indonesia juga masih meninjau kisaran harga yang sesuai bagi calon konsumen potensial disamping menyiapkan dealer-dealer yang ditargetkan berdiri pada kuartal I 2013.
"Kami tidak terganggu dengan (persoalan) harga saat ini. Masih banyak hal lain yang harus difokuskan seperti membangun merek dan rencana (pembangunan) pabrik," katanya.
Pernyataan itu sekaligus menjadi jawaban Singupta untuk menanggapi kehadiran mobil-mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) jika pemerintah dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah menyepakati aturannnya.
"Saya tidak begitu paham dengan LCGC karena peraturan program itu belum keluar. Jadi, saya tidak begitu tahu sebenarnya aturan final LCGC," katanya.
Sejumlah tahapan yang sedang dilakukan Tata Motors Indonesia menjelang peluncuran produk yaitu penunjukan dealer-dealer resmi dari 405 peminat, penunjukkan pemasok suku cadang, pembangunan pabrik, pembukaan bengkel, pembukaan toko suku cadang, dan pelatihan bagi tenaga-tenaga layanan pra-jual dan purna-jual.
Redaktur: Taufik Rachman
Sumber: antara
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/otomotif/mobil/12/11/24/mdzc1d-ini-jagoan-baru-tata-motors
Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
ReplyDeletekeep update!Harga mobil Bekas murah